Powered By Blogger

forum lsd

selamat datang di blog kami,enjoy
selamat bergabung dengan kami di info pertanian dan pendidikan

Senin, 18 Juli 2011

sejarah dan pekembangan LSD Merdeka

Sumberejo merupakan salah satu  desa  yang terdapat di kecamatan Pabelan. Yang sebagian besar  penduduknya   bermata pencaharian sebagai  petani. Berangkat dari keprihatinan bersama tentang harga kebutuhan pertanian yang langka saat dibutuhkan dan hasil penjualan padi yang murah saat panen raya, membuat warga sumberejo bergotong royong membuat sebuah wadah untuk kepentingan  para petani,  yang kami beri nama Paguyuban Petani Merdeka.
Seiring berjalannya waktu, banyak tantangan yang harus dihadapi PP Merdeka utamanya saat panen raya tiba, semua hasil panen terjual dengan murah.Setelah diadakan analisa ternyata hal yang paling mendasar yang menyebabkan anjloknya harga panen adalah kurangnya akses informasi dalam mengetahui pasar potensial untuk hasil pertanian utamanya padi. Untuk mewujudkan cita-cita agar harga hasil panen slalu baik maka Paguyuban Petani Merdeka bekerja sama dengan SPPQT  membentuk suatu Lumbung Sumber Daya Masyarakat  yang didalamnya tedapat  akses internet. Lumbung suber daya tersebut kami beri nama Lumbung sumber daya Merdeka ( LSD Merdeka )
Pada Awalnya keberadaan LSD Merdeka  menjadikan pro kontra di dalam masyarakat. Betapa tidak, masyarakat telah mengecap negative tentang keberadaan internet.  Dalam hal ini internet  terkesan hanya untuk  berhura – hura bahkan lebih ektrim internet  diidentikan dengan mengakses  adegan mesum dan  atau serupa dengan hal – hal tersebut. Tetapi seiring berjalannya waktu dan dengan kegigihan para pengurus yang slalu mempromosikan keuntungan dan dampak positif dari internet, maka Keberadaan LSD Merdeka muali bias diterima di masyarakat. Dan kini  LSD merdeka telah mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat karena tlah terbukti  dengan pasti  akan manfaat besar yang diperoleh dari keberadaan internet, seperti mencari pasar pertanian, mencari tugas sekolah dan mengetik dan memperkaya ilmu pengetahuan. Kini keberadaan internet LSD menjadi idaman Karena mafaat  yang besar dari  akses internet disamping juga harga ngenetnya yang murah. Harga ngenet di  LSD merdeka memang murah karena  warnet merdeka tidak berbasis profit seperti kebanyakan warnet lainnya tetapi kembali ketujuan semula yang merupakan wadah untuk pemberdayaan masyarakat sekitar.
LSD Merdeka kini telah mengepakan sayapnya yang semula  kegiatannya bertumpu pada Warnet kini telah meluas ke bidang usaha lainya, seperrti budidaya jamur dengan konsep jamaah produksi. Dalam konsep  jama’ah produksi ini, yang mendapat untung lebih adalah mereka-mereka yang banyak mencurahkan tenaga dan fikirannya di bidang usaha yang ditekuni. Yang dengan kata lain yang mendapatkan keuntungan lebih adalah para pekerja. Konsep ini adalah merupakan peerlawanan dari faham kapitalis yang hanya mengeksploitasi  para karyawan dan sumber daya alam. Bayangkan saja, para karyawan dengan susah payah, siang dan malam bekerja keras mendapat upah yang tidak sebanding dengan  pemilik modal yang cuma ongkang-ongkang malah mendapatkan  keuntungan yang berlipa-lipat. Ini adalah sebuah ketidakadilan yang terus saja terjadi. Semoga LSD Merdeka dengan konsep jama’ah produksinya bisa bermanfaat kepada kehidupan warga sekitar. Aamiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar