Powered By Blogger

forum lsd

selamat datang di blog kami,enjoy
selamat bergabung dengan kami di info pertanian dan pendidikan

Rabu, 24 Agustus 2011

PANDE BESI DK NGEGOT DS SUMBERAGUNG

pusat kerajinan pande besi di Desa sumberagung terletak di Dukuh Ngegot, Rt 1-7 Rw 1. daerah ini dikenal dengan kerajinan pande besi yang berupa pisau dapur, sabit dan alat alat pertanian lainyya, dan penjualannya hingga ke luar jawa.

"Tidak semua warga Ngegot bisa membuat peralatan itu. Hanya beberapa orang. Itupun diperolehnya secara turun-temurun,” ujar Kadus V Ngegot, Sumberagung, Romadhin. Romadhin menjelaskan perbedaan Ngegot dengan daerah sentra pandai besi lain di Boyolali terletak pada finishing alat yang dibuat. Diakui Romadhin, harga jual peralatan dari Ngegot lebih mahal dibandingkan dengan tempat lain. Namun hal itu tidak menyurutkan konsumen untuk terus membeli peralatan pertanian dari Ngegot. “Meski lebih mahal, hasil produksi warga Ngegot itu masih banyak dicari oleh warga. Bahkan penjualan hingga ke luar Jawa,” papar dia. salah satu pengrajin, Pujiman mengatakan, usaha pande besinya telah dilakoni bertahun tahun, dan turun menurun dari keluargannya.

pada awalnya, para pengrajin pande besi menggunakan alat alat yang manual dan sederhana,berupa pompa dengan dua tabung,tetapi sekarang suah di ganti dengan blower untuk memudahkan memanasi besi yang akan di jadikan peralatan dan sudah menggunakan gerinda untuk finishingnya.

selain membuka usaha di rumah masing masing, biasanya para pengrajin memiliki kios kios di wilayah Boyolali utara, dan di jual ke pasar pasar, seperti Pasar kemusu dan Pasar Ngegot itu sendiri.

"BAGI SIAPA PUN YANG INGIN MEMBELI PERALATAN PERTANIAN, ATAU INGIN MEMBUAT ALAT ALAT PERTANIAN DAPAT MENGHUBUNGI SAYA, 085729265464 ATAU 085229341481(BP. GUNADI)"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar