Powered By Blogger

forum lsd

selamat datang di blog kami,enjoy
selamat bergabung dengan kami di info pertanian dan pendidikan

Senin, 04 April 2011

nggepung ( menumbuk jagung dengan lumpang )

nggepung ( menumbuk jagung dengan lumpang )

1. jagung di tumbuk untuk dipecah menjadi beberapa bagian kecil-kecil, lalu setelah di pecah menjadi kecil-kecil jagung di rendam dalam air selama 3-5 hari supaya lebih empuk, tiap pagi air yang digunakan untuk merendam di ganti. kira-kira hasilnya seperti pada gambar.

2.  jagung yang telah dipecah dan menjadi pecahan ini kemudian di tumbuk lagi untuk di jadikan tepung jagung, dengan cara di tumbuk dan di interi ( interi adalah proses pemisahan butiran jagung dengan hasil tumbukan yang sudah menjadi tepung jagung )selain itu pada proses ini juga sering di campuri tepung ganyong( ganyong adalah tanaman umbi-umbian khas Selo Boyolali.
3. proses ketiga ini jika sudah lama dan bertahap, maka jagung akan menjadi tempung jagung semua, maka ini tinggal proses pemasakan. bahkan hingga jagung yang masih berbektuk butiran paling kecil ( menir) harus betul-betul halus)

4. cara memasak adalah dengan cara dikukus hingga masak.

5. pada pembikinan gablog, tepung jagung dikukus bersamaan dengan beras ketan dan ditunggu hingga masak, setelah masak kemudian diangkat dan di aduk hingga rata, setelah rata kemudian ditunggu hingga dingin baru di iris-iris sesuai kesukaan.

6. sisa dari proses nggepung dan tumpahanya biasanya juga tidak terbuang karena sudah di manfaatkan oleh ayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar