Powered By Blogger

forum lsd

selamat datang di blog kami,enjoy
selamat bergabung dengan kami di info pertanian dan pendidikan

Kamis, 12 April 2012

TENTANG TYPUS


PENYAKIT TYPUS

Penyakit typus adalah sebuah penyakit yang di sebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut selalu awal menyerangnya pada usus halus, dan bila perkembangan bakteri tersebut sangat pesat maka tidak menutup kemungkinan akan menyerang pumbuluh darah putih yang mengakibatkan daya tahan seseorang atau metabolisme tubuh sangat rendah. Dan bakteri tersebut juga bisa merusak jaringan sel darah merah hingga sampai pembuluh hati dan pankreas.

Untuk menyegah perkembangan bakteri salmonella typhi si penderita tidak diperbolehkan untuk banyak bergerak apalagi berativitas, maka yang paling tepat menyegah perkembangan bakteri tersebut selain minum obat adalah beristirahat total atau tidur. Karena dengan tertidur suhu tubuh akan setabil atau normal, sebab perkembangan bakteri salmonella typhi akan tumbuh cepat jika suhu tubuh terus naik.

Dengan banyak bergerak sangat tidak baik karena usus sedang ringkih dan juga sedang terluka, bahkan untuk yang dimakanpun juga harus tidak sembarangan, hindari makanan yang berserat tinggi, asam, pedas dan makanan yang keras atau kasar. Alangkah baiknya yang dikonsumsi makan-makanan yang berkarbohidrad dan berprotein tinggi.

Penyakit typus bisa dilihat dengan munculnya gejala- gejala seperti
  • Badan panas atau demam salama beberapa hari terutama malam
  • Rasa sakit pada perut bagian sebelah kiri
  • Badan terasa lemas dan pada persendian terasa pegal
  • Lidah terlihat putih pada bagian tengah dan merah dipinggirnya
  • Bibir terlihat kering
  • Kepala terasa nyeri dan
  • Sembelit ketika BAB

Dalam mengobati sakit typus selain beristirahat total di anjurkan untuk minum air putih secukupnya juga mengkonsumsi antibiotik dan obat penurun panas atau demam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar